Rabu, Januari 19, 2011

PLTP Ulubelu 2×55 Megawatt Akan Beroperasi 2012

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kapasitas 2×55 Megawatt (MW) akan beroperasi pada akhir 2012.

Manager Komunikasi Pertamina Geothermal Energy (PGE) Adiatma Sardjito mengatakan saat ini untuk pembangunan proyek tersebut sedang dalam proses Engineering, Procurement, Construction (EPC). “PLTP ulubelu akan beroperasi pada akhir 2012,”ujar dia di Jakarta Kamis 14 Oktober 2010.
Dia menjelaskan, untuk harga jual uap sudah disepakati antara PLN dan PGE dengan harga US$4,2 sen per kilowatt hour (kwh).

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Kardaya Warnika menuturkan, PLTP Ulubelu merupakan salah satu proyek yang dikejar pemerintah dalam program peningkatan pemanfaatan panas bumi guna mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). “Untuk Ulubelu saat ini sudah dalam tahap evaluasi harga,”kata dia.

Selain PLTP Ulubelu, lanjut dia, proyek PLTP lain yang dimasukan dalam target peningkatan pemanfaatan panas bumi yaitu PLTP Lahendong (Sulawesi Utara) yang saat ini dalam tahap pekerjaan fasilitas, penyelsaian PLTP Sarulla (sumatera Utara) sedang dalam tahap verifikasi oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKB) serta PLTP Ulumbu (NTT) dengan kapasitas 5 MW yang sedang dalam disain ulang.

Disisi lain, Kardaya memaparkan, selama periode kerja satu tahun Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, pencapaian di bidang EBTKE selain peningkatan pemanfaatan panas bumi yaitu melaksanakan program peningkatan EBT untuk tenaga listrik, biogas, dan bahan bakar nabati serta terbentuknya Ditjen EBTKE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar